20 Tanda Kamu Orang yang Kelewat KREATIF


Bagaimana Ciri Orang Kreatif

Hallo kalian semua yang berada di seluruh dunia. Pernah tahu seseorang yang selalu berpikir dan bertindak tidak biasa? Atau mungkin yang kita sebut aneh? Berdasarkan penelitian neuroscience, orang kreatif cenderung berpikir dan bertindak berbeda dari orang kebanyakan. Apa yang ada di dalam otak mereka benar-benar unik, tapi hal itu pula yang membuat hubungan mereka agak sedikit bermasalah karena mereka cenderung berbeda.

1. Otak mereka tidak pernah berhenti bekerja

Otak Orang Kreatif Selalu Penuh Ide
Otak mereka ibarat mesin yang selalu bekerja non-stop. Pikiran mereka tidak bisa diam dan tidak dapat dipaksa untuk diam. Sehingga inilah yang menyebabkan mereka selalu menemukan aktivitas atau pembicaraan yang gila dan menyenangkan.

2. Mereka selalu bertanya
Banyak Tanya Bukan Karena Tidak Tahu

Dua pertanyaan yang sering terlontar dari mereka adalah “Gimana kalau?” dan “Kenapa enggak begini?” Hal ini mungkin menyebalkan bagi orang di sekitar mereka, tapi percayalah ini adalah salah satu cara untuk mencari suatu kemungkinan.

3. Mereka tetap menjadi diri mereka sendiri
Be Your Self adalah Ciri Orang Kreatif

Orang-orang kreatif lebih suka menjadi unik dan berbeda daripada menjadi populer. Mereka tidak peduli apa kata orang dan apa yang orang lain pikirkan kepada mereka.

4. Mereka gampang bosan.
Hal Baru Lebih Menarik

Orang dengan kreativitas tinggi termotivasi dengan hal-hal baru. Apa yang mereka kerjakan sekarang akan terasa membosankan apabila mereka melihat ada hal baru yang menarik perhatian mereka.

5. Mereka punya siklus tersendiri
Ritme yang Unik

Kreatifitas mempunyai ritme tersendiri. Terkadang mereka akan bersemangat dan antusias, dan terkadang ada saatnya mereka menjadi lambat. Jangan salahkan mereka, ritme tersebut normal seperti halnya jalannya 4 musim di benua biru.

6. Mereka butuh waktu untuk menenangkan diri
Need Time to Calm

Bisakah sebuah mobil melaju dari Jakarta ke Madura hanya dengan sekali pengisian bahan bakar? Nah, ini bisa diibaratkan dengan halnya isi pikiran manusia kreatif. Orang yang kreatif lebih cenderung menyendiri untuk mengisi ulang pikiran mereka.

7.Mereka punya ruang khusus untuk berpikir
Ruang Orang Kreatif

Selain waktu, mereka juga punya ruang khusus yang hanya bisa mereka pahami. Tempat tersebut berbeda antara satu orang dengan orang lain. Bisa cafe, taman, pojokan rumah, bahkan toilet. Dimanapun itu, hargai mereka dan jangan ganggu mereka di tempat favorit mereka.

8. Mereka fokus pada satu pekerjaan
Fokus Berarti Kreatif

Orang dengan kreativitas tinggi tidak akan peduli dengan keadaan sekitar ketika mereka fokus pada pekerjaan. Mereka tidak dapat multi-tasking secara efisien. Mereka juga butuh waktu lama untuk kembali fokus apabila diganggu, sekalipun gangguan itu hanya berkisar 20 detik saja.

9. Mereka berkomunikasi secara mendalam
Ekspresi Orang Kreatif

Kreativitas adalah tentang ekspresi dan komunikasi yang mendalam. Mereka tidak akan bisa memberikan apa yang tidak pernah mereka rasakan atau mereka punya. Mereka juga akan membawa seseorang sampai sejauh apa yang pernah mereka alami.

10. Mereka mudah bahagia dan depresi dalam beberapa saat
Gampang Galau

Karena mereka mendalami apa yang mereka rasakan, orang kreatif yang tadinya bahagia dapat secara tiba-tiba berubah menjadi sedih atau depresi. Hati mereka yang sensitif adalah sumber penderitaan.

11. Mereka berpikir dan berbicara melalui sebuah cerita
Cerita Lebih Didengarkan

Seseorang tidak akan merasa tergugah hanya dengan mendengarkan sebuah fakta, berbeda dengan cerita. Orang kreatif tahu ini dan mereka mengungkapkannya sebagai sebuah cerita tentang apa saja yang mereka lakukan. Mungkin ini akan makan banyak waktu dalam menjelaskan satu hal, tapi penjelasan itu bukanlah intinya, melainkan pengalamannya.

12. Mereka melawan pertentangan setiap hari
Dua Dunia

Steven Pressfield, pengarang The War of Art, menulis:
“Most of us have two lives. The life we live, and the unlived life within us. Between the two stands Resistance.”
Kebanyakan dari kita punya dua kehidupan. Kehidupan yang kita miliki dan kehidupan yang tidak kita miliki. Diantara keduanya ada Pertentangan. Nah, orang yang kreatif setiap bangun tidur sadar bahwa mereka harus berkembang dan mendorong maju diri mereka. Tapi selalu ada ketakutan, yang disebut Pertentangan oleh Pressfield, bahwa mereka tidak memiliki apa yang diperlukan. Tidak peduli sesukses apa seseorang, rasa takut itu tidak pernah pudar. Mereka hanya harus belajar bagaimana berurusan dengan itu.

13. Pekerjaan mereka adalah gambaran diri mereka
Your Job, Your Self

Kreativitas adalah ekspresi mentah dari orang yang membuatnya. Seringkali mereka tidak dapat memisahkan diri mereka dari itu, jadi hasil kerja mereka adalah cerminan diri mereka sendiri.

14. Mereka sering tidak percaya diri
Minder Mungkin Kreatif

Bahkan orang kreatif yang super pede di hadapan orang lain bisa jadi tidak pede dengan kemampuan mereka. Mereka seringkali bertanya-tanya apakah mereka cukup bagus, sehingga mereka akan sering membandingkan hasil kerja mereka dengan orang lain dan tidak berhasil melihat hasil bagus mereka sendiri.

15. Mereka sangat intuitif
Intuisi yang Kuat

Sampai saat ini masih banyak ilmu sains yang belum berhasil menjelaskan tentang Bagaimana dan Mengapa suatu hal. Namun mereka tahu secara alamiah apa yang sedang terjadi. Mereka akan berkata padamu tentang suatu hal bahwa hal itu tidak dapat dimengerti, dan kamu akan tahu itu dari pengalaman sendiri.

16. Mereka sering menunda pekerjaan
Telat dan Telat

Orang kreatif terkenal akan sikapnya yang sering menunda pekerjaan karena banyak dari mereka yang mendapat hasil terbaik ketika berada di bawah tekanan. Mereka kadang secara sadar dan tidak sadar sering menunda pekerjaan mereka hanya karena ingin merasakan tantangan.

17. Mereka gampang memasuki ‘the flow state’
the flow state

Penelitian terbaru neuroscience menjelaskan bahwa the flow state adalah pengalaman yang adiktif di bumi ini. Info singkat mengenai ‘the flow state’ adalah dimana kita secara tidak sadar melakukan apa yang biasa kita lakukan dan berhasil melakukannya dengan baik. Misal ada pianis yang duduk di depan piano, tangan mereka akan memainkan tuts demi tuts dan menghasilkan lagu yang enak didengar secara tidak sadar. 

Setelah melalui penderitaan tinggi rendahnya tingkat kreativitas, mental dan emosi orang kreatif akan terbayar. Itu adalah kemampuan yang tinggal di tubuh dan pikiran mereka. Oleh karena itu mereka kecanduan untuk menciptakan ‘the flow state’ mereka dalam segala hal.

18. Mereka sering bosan dengan pekerjaan mereka
Orang Kreatif Cenderung Gampang Bosan


Tahap awal kreativitas adalah bergerak cepat dan bersemangat dalam mengerjakan sesuatu. Terkadang mereka akan mengabaikan pekerjaan mereka karena monoton, dan mereka akan mencari hal-hal baru yang dapat mereka kerjakan.

19. Mereka menyambungkan titik kehidupan lebih baik dari orang lain
Menyadari Pola Kehidupan


Steve Jobs pernah berkata bahwa kreativitas yang sesungguhnya mirip dengan menyambungkan titik-titik kehidupan. Mereka dapat mengenali pola suatu kejadian sebelum disadari oleh orang lain.

20. Mereka akan selalu menjadi anak kecil
Orang Kreatif Memiliki Jiwa Anak Kecil


Bagi mereka, hidup ini adalah suatu misteri, pengalaman, dan tumbuh menjadi muda. Mereka tidak peduli dengan kehidupan ini karena bagi mereka kehidupan ini hanya sekedar ada.

Begitulah 20 hal yang menandakan kalian itu kreatif , termasuk ga?


sumur : kaskus.co.id

Instagram