4 Karakter Kepribadian Manusia


Kepribadian kita biasanya ada 2 kombinasi yang berbeda. Bisa perpaduan Sanguin Koleris, Sanguin Phlegmatis, Koleris Melankolis, Melankolis Phlegmatis, atau perpaduan yang lainnya. Florence Littauer menjelaskan :
” Setelah kita tahu siapa diri kita dan mengapa kita bertindak dengan cara seperti yang kita lakukan, kita bisa mulai memahami jiwa kita, meningkatkan kepribadian kita, dan belajar menyesuaikan diri dengan orang lain. ”

4 Karakter Kepribadian Manusia

Karakter dari watak/sifat itu bisa dilihat dari mata, sikap tubuh, gaya bicara, gaya pakaian atau dari caranya mengambil keputusan dan cara berfikirnya. Ane pernah baca-baca tentang karakter kepribadian manusia, ini garis besarnya :
  1. Seorang Sanguinis yang spontan, lincah, dan periang. 
  2. Seorang Melankolis yang penuh pikiran, setia, tekun. 
  3. Seorang Koleris yang suka petualangan, persuasif, percaya diri. 
  4. Seorang Phlegmatis yang ramah, sabar, puas. 

SANGUIN
Sanguin bisa keliatan dari :
  1. Keliatan dari sorot matanya sering berbinar dan tampak berkaca-kaca ceria, pupil matanya cenderung besar 
  2. Dia banyak bicara dan tertawa, heboh, serta punya banyak guyonan, suka ngerjain orang 
  3. Waktu dia bicara seluruh wajah dan kebanyakan anggota tubuhnya ikut gerak untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan 
  4. Pada waktu duduk tidak bisa diam 
  5. Ngga sungkan untuk nanya-nanya 
  6. Suka pakai pakaian yang warnanya ngejreng bukan main, atau apapun yg bikin dia tampak mudah dibedakan dengan yg lain 
  7. Minta dikomentari sama temen-temennya tentang apa aja yang dia punya 
  8. Mikirnya cepat, dan itu karena dia tahu manakah alternatif yg paling atau lebih menyenangkan 
Cara pandang orang Sanguin terhadap:
Melankolis : Membosankan, cenderung tertutup, tidak supel, kurang atraktif, kurang respon
Koleris : Jiwa kepemimpinan yang hebat, ulet dan pekerja keras
Plegmatis : Stabil, datar, netral

Nasehat untuk Sanguin:
  • Harus bisa menjaga rahasia orang lain 
  • Harus lebih sensitif dan meningkatkan rasa empati terhadap perasaan orang lain 
  • Harus bergantian dalam mendengar pendapat orang lain, jangan terus-terusan berbicara tanpa mau mendengarkan orang lain 
  • Harus lebih merespon kritikan orang lain yang ditujukan kepada dirinya 

MELANKOLIS
Melankolis bisa keliatan dari :
  1. Sering pake perkataan seperti “tergantung” atau apapun yg menunjukkan dia banyak banget yg dipertimbangkan 
  2. Ketika dengerin Anda bicara dia sering banget pake pose non verbal tangan ke wajah 
  3. Sering bilang “minta maaf” atau semacamnya 
  4. Saat duduk sikap nonverbalnya tampak seperti orang yang sedang mengevaluasi (i.e. tangan di dagu, tangan di pipi) 
  5. Peka pada bagaimana orang lain memberi tanggapan 
  6. Bisa sampe menangis kalau denger cerita orang lain 
  7. Model pakaian dan style-nya konservatif (i.e. bukan motif berani, kemeja dimasukkan baju, dst) 
  8. Mikirnya lama, dan banyak pertimbangan 
Cara pandang orang Melankolis terhadap:
Sanguin : Terlalu berlebihan (over-acting), cerewet, tidak bisa menjaga rahasia
Koleris : Terlalu keras, terlalu kaku, tidak ada kepekaan sama sekali
Plegmatis : Emosi stabil dan netral, mudah akrab

Nasehat untuk Melankolis:
  • Hilangkan pandangan-pandangan yang negatif 
  • Harus lebih percaya kepada orang lain, terlebih lagi kepada sahabat dekat Anda 
  • Jangan terlalu sering merenungkan sesuatu 
  • Harus lebih percaya diri dalam berbicara 
  • Harus lebih banyak meluangkan waktu dan mengerjakan sesuatu untuk hal-hal yang positif 
  • Harus lebih banyak bergaul 
  • Jangan terlalu terbawa suasana 
  • Hindari sifat cuek dan penyendiri 

KOLERIS
Koleris bisa keliatan dari :
  1. Sorot matanya tajam, dan berani bertatap pandangan lama 
  2. Duduk sikapnya tegak, gayanya defensif dan/atau superior (tangan bersilang di depan dada, kedua tangan diletakkan di belakang tengkuk) 
  3. Tiba-tiba aja suka betulin kerah baju Anda yg melenceng 
  4. Secara otomatis cenderung suka nyuruh2 orang 
  5. Gigih banget membuat orang lain menerima pendapatnya 
  6. Suka berdebat dan beda pendapat dengan orang lain 
  7. Suka menjadi pemimpin 
  8. Orang lain harus ikut caranya, kalo ngga suka, ya udah, tinggalin! 
Cara pandang orang Koleris terhadap:
Sanguin : Ceria, supel, berpikiran positif, namun tidak serius hampir dalam segala hal
Melankolis : Terlalu lemah, cengeng, mudah terbawa perasaan, tidak bisa memimpin
Plegmatis : Terlalu lamban, tidak ada jiwa kepemimpinan, kurangnya semangat

Nasehat untuk Koleris:
  • Harus lebih bisa mengendalikan emosi dan amarah 
  • Harus lebih sensitif dan peka 
  • Jangan terlalu berambisi untuk meraih tujuan 
  • Jika sempat, luangkanlah waktu luang untuk beristirahat sejenak dari pekerjaan atau rutinitas yang menguras tenaga 
  • Belajarlah untuk bersabar terhadap situasi, yang memang memerlukan waktu untuk suatu perubahan 
  • Meminimalisir konflik terhadap orang-orang di sekitar Anda 

PHLEGMATIS
Phlegmatis bisa keliatan dari :
  1. Kalo ngomong pelan, lebih suka mendengarkan ketika ada di kerumuman, pendengar yg baik 
  2. Saat duduk pinggangnya lebih dekat atau menyentuh alas duduk 
  3. Orangnya nurut, ngga bisa nolak request orang lain 
  4. Bila mikirnya lama, dan tampak banget bahwa dia ternyata tidak sedang berpikir keras dan ikut sama keputusan yg sudah ada 
  5. Menghindari konflik 
  6. Easy going, enak diajak ngobrol 
  7. Orangnya Santai 
  8. Kalau misalnya ada konflik, biasanya dia suka jadi penengah atau menengahi. 
Cara pandang orang Phlegmatis terhadap:
Sanguin : Ceria, supel, netral
Melankolis : Kreativitas tinggi, tidak terlalu berambisi,
Koleris : Terlalu berambisi, tidak sensitif, pembawaan kurang tenang

Nasehat untuk Phlegmatis:
  • Harus memiliki visi dan misi, dengan begitu ada target untuk diraih dalam hidupnya 
  • Harus lebih bersemangat lagi 
  • Harus berani mengambil resiko dan tantangan 
  • Harus bertanggung-jawab 
  • Harus tidak takut dalam menangani masalah-masalah dan tugas-tugas yang besar dan penuh tanggung-jawab 
  • Jangan terlalu cemas dan kuatir terhadap hal-hal yang Anda pikirkan 




Semoga bermanfaat...

[ Last update November 2016 ]

Instagram