My Name, My Hope, My Pray


Hi gaes, apa yang kalian pikir ketika mendengar kata nama?

Sebuah identitas kah? KTP? Label? Panggilan? Sebutan? Do'a? Harapan? atau hanya sekedar pelengkap dalam kehidupanmu yang selalu melekat pada dirimu? Kalo ane ya sebagai identitas ane secara umum, tapi secara dalem ane anggap nama itu do'a & harapan. (kata harapan bisa membuat seseorang jadi baper)


Apa arti nama mu?

Ah, kalo boleh cerita ni ane dari ketika TK (Taman Kanak-kanak) tu udeh mikirin apa arti nama ane sih ? Kalian percaya sama ane kan ? (jangan percaya ane-tukang gombal). Pasti kalian juga ngalamin ini, jadi ane kan punya nama "Dwi Qomarudin" tapi waktu ane kecil ma tetangga tu sering diledekin, dipanggil dengan nama "saridin". Maka dari itu ane jadi mikir, timbul pertanyaan lah intinya.

Ane "Dwi Qomarudin" tapi kenapa ane dipanggil "saridin", trus semakin ane tambah umur ada banyak nama yang jadi panggilan ane "duwek" , "cowek", "brudin", "kalong"Dari sekian nama itu tetep ane pikirin kalo ane lagi sendiri. wkwkwkwk.. kata-kata "sendiri" bikin ane ngakak deh. Ah lupakan, back to topic.

Jadi ane dari kecil suka mikir ya, apapun yang menurut ane menarik ane pikirin.
( cewe juga ane pikirin kadang-kadang, hahaha :P )


Semakin nambah umur ane masih abstrak apa arti dan maksud abah ane ngasih tu label.
-_-


Dalam hati kalian mungkin bilang "langsung tanya abah lu aja arti nama lu, beres kn",  klo kalian mikir gitu ane cuma bisa senyum (hehe). Intinya ane nyari maksud nama ane, tanya ke emak, kakak, sodara, sampe tanya ke adek-adekan ane ( halah ), ga ada yang tau. Mereka (keluarga) cuma bilang :
"pakmu menehi jeneng kowe ki butuh tirakat 2 minggu le."
yang berarti "Ayahmu memberi nama ke kamu tu butuh tirakat/puasa 2 minggu nak." OMG, kenapa sampai butuh 2 minggu nyari nama buat ane, berarti secara ga langsung abah ane pengen yang terbaik buat ane. (love you dad)

Semakin membara lah semangat ane nyari arti nama ane. Trusss, ane nyari-nyari secara bahasa dan secara makna. <--- sok pilosopis dah pokokna :P

Ini yang mau ane share gaes, nama ane kn "Dwi Qomarudin", ada 3 kata disitu. Dwi > Qomar/Qomaru > Din.

#Secara Bahasa :
DWI adalah nama yang umum untuk bayi lelaki ataupun perempuan Indonesia. Nama ini berasal dari Sansekerta dengan arti "anak kedua"Sedangkan di negara Irlandia, Dwi artinya "yang adil"Penggunaan nama Dwi sangat populer di Indonesia, bahkan menjadi nama paling top dari 56 ribu orang responden. sumber
QOMAR / QOMARU ane ambil dari bahasa arab yang berarti bulan/penerang. Selain dari bahasa arab ane ga tahu deh gaes.
DIN ane ambil sumber dari sini yang berarti ane ga paham sebenernya, (hahahaha) tapi kalo diambil beberapa bisa berarti agama/keadilan. 

Dari situ secara begonya ajalah ane paham arti nama ane, tapi secara makna ane ga tau maksud abah ngasih itu nama untuk ane agar gimana. Kurang lebih kek gini lah >>
  • Dwi :: Dua
  • Qomaru :: Penerang
  • din :: agama/keadilan
Udah lah ga penting buat kalian juga tau makna atau arti nama ane. (hahaha) Wait a second, kalian udah pada tau arti nama kalian? Belum? wah, buruan tanya ke emak atau abah ente, atau cari lah meski jawaban itu di ujung dunia sekalipun. (xexexe) 

Nama itu identitas, do'a dan harapan buat kalian. <-- (sok pilosopis again) Lebih penting dari pada rumus menurut ane, jadi terserah kalian lah. Hak kalian mau kek gimana pun. :P


[ Edisi kurang waras 2016 ]

Instagram