Warna dalam web aka Kode Warna aka Color Code



Siapa yang ga suka warna? hampir semua orang memiliki warna favorit. Dalam dunia maya juga pasti kalian temui banyak website full color. Tahukah kalian bahwa di dunia website, warna merupakan kode angka, misal warna putih itu dikodekan menjadi #fff, hitam menjadi #000. Istilah kode warna di dalam HTML sendiri disebut Kode HTML warna atau Kode Hex warna HTML. Bisa juga memakai tool atau alat yang disebut Color Picker untuk mencari kode warna. Di blog ini bisa kalian pilih warna apa aja, nanti akan ketemu kode warna yang diinginkan.

Warna dalam web aka Kode Warna aka Color Code
Photos by www.prosumerdiamonds.com


Sebelum memakai tool Color Picker, alangkah baiknya kalian menentukan tema website sendiri. Warna website biasa memakai tiga sampai lima warna dasar. Termasuk background, link, button, warna tulisan, dll. Jika sudah menentukan tema warna dasar kalian, silahkan gunakan tool Color Picker di bawah ini untuk mencari kombinasi warna yang sesuai.


Silahkan klik daerah mana saja, caranya sama seperti memilih warna di photoshop. Jika sudah memilih warna yang diinginkan, silahkan copy kode yanga ada di kolom sebelah kanan dan paste ke dalam codingan website kalian.

Coba kalian masukkan sembarang angka di kolom (atas tulisan update), lalu klik update. Bagaimana, dapat warna yang mendekati kan? rekomendasi dari saya silahkan gunakan warna soft untuk website dan tidak terlalu kontras agar pembaca atau pengunjung website tidak cepat lelah mata.

Baiklah, sekian dulu info dari saya. Semoga bermanfaat. 
[ Last update November 2016 ]

Instagram