Ada yang Tak Sempurna dari Empat Sehat Lima Sempurna


Banyak yang bilang makanan sehat itu empat sehat lima sempurna, yang jika dijabarkan sedikit berarti makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan susu. Pertanyaan saya, apakah benar seperti itu makanan sehat yang sempurna? bagaimana jika makanan itu berasal dari bahan kimia atau pengolahan makanan yang kita makan itu memakai bahan kimia? masihkah sehat yang sempurna?

Makanan sehat yang menyehatkan
Photo by lensza.co.id
Dari pertanyaan di atas, Anda pasti juga berpikir apakah makanan yang saya makan itu sehat ya? Banyak hal yang bisa membuat makanan itu tidak sehat, misalnya bahan makanan itu sendiri, bumbu masakan, atau cara memasak yang salah bisa juga menjadikan makanan itu tidak sehat.

Coba kita perhatikan ketika kita membeli makanan di warung langganan, apakah Anda memperhatikan bahan baku, bumbu serta cara mengolahnya? kemungkinan besar kita semua tidak memperhatikan itu. Padahal untuk bahan makanan sendiri ada beberapa jenis, tapi yang terbaik adalah bahan makanan organik. Produsen bahan makanan yang ingin mencantumkan label organik pada bahan makanan yang akan dijual harus memiliki beberapa syarat. Antara lain:
  • Tanaman yang ditanam tidak memakai pestisida atau herbisida, pupuk sintetis , limbah lumpur , bioteknologi , atau radiasi ion.
  • Daging dapat diberi label organik jika hewan yang diternakkan diberi pakan organik dan tidak diberi antibiotik dan hormon pertumbuhan. Hewan-hewan ini juga harus cukup mendapat akses ke tempat terbuka seperti rumput di tanah lapang.
Bahan Makanan Organik
Photo by propertyguru.com

Sekarang kita pikir lagi, apakah bumbu masakan menggunakan rempah atau bumbu instan? saya yakin hampir semua orang selalu memakai bumbu instan atau micin sebagai penyedap rasa. Padahal sudah sangat sering kita baca bahwa bumbu instan tidak sehat untuk tubuh untuk jangka panjang. Ayo deh flashback sejarah sedikit, satu pertanyaan : Kenapa leluhur kita berumur panjang? karena makanan yang dimakan adalah makanan organik, termasuk bumbu dan cara pengolahannya sangat sederhana. Makanan sehat seharusnya tidak memakai bumbu yang mengandung bahan tambahan seperti bahan pengawet, pemanis buatan, perasa/monosodium glutamate (MSG), atau bahan pewarna dan perisa.

Rempah Asli Indonesia
Photo by riauaktual.com

Anda sendiri dalam mengolah makanan bagaimana? pasti kebanyakan memakai minyak goreng, dan seberapa sering sih kita makan makanan yang digoreng? sering banget pasti. (saya juga begitu dulu)
Jika kita semua ingin berumur panjang, kita wajib merubah pola hidup kita. mulai dari makanan tentu, karena kita bisa kelaparan klo ga makan.

Photo by infojakarta.net
Banyak orang ingin panjang umur, tapi terkadang tidak mau berubah ke pola hidup sehat. Mulai dari sekarang ayo kita rubah pola hidup kita menjadi pola hidup yang sehat, dimuali dari makanan kita. Tidak perlu langsung bermigrasi, sedikit demi sedikit kita merubahnya, bisa dari bumbu maasakan dulu yang dirubah, cara memasak, atau dari bahan masakan.

Saya sendiri juga suka kuliner, mencicipi berbagai jenis makanan itu adalah kepuasan rasa tersendiri bagi saya. Disatu sisi saya juga ingin sehat, karena itu ketika mencicipi makanan di luar rumah yang saya tak tahu bagaimana standartnya, saya berusaha menjaga pola makan saya ketika dirumah dengan cara memilih makanan organik, rempah asli indonesia, dan memilih cara memasak yang lebih sehat.

Emas yang membeli kesehatan tidak pernah dapat membeli yang sakit habiskan. (Thomas Dekker) 

Semoga artikel ini bisa membuat kita merubah pola hidup yang lebih sehat, karena sehat itu penting dan amat mahal.



Instagram