Jangan Takut Menyampaikan Keluhan ke Telkomsel : Pasti Bisa Saling Mengerti


Dear Telkomsel,

Selamat siang, terima kasih sudah menanggapi dan respon kepada keluhan yang saya alami dengan laporan ID:

256120014. Adapun hasil laporan disebutkan sudah dibantu refund saldo T-cash Rp50.000 pada tanggal 14/2/2018.
Barusan saya cek di TCASH, Alhamdulillah sudah masuk refund senilai 50rb.

Saya sudah memberikan feedback komentar via SMS ke Telkomsel.
Jujur saya puas karena ada refund saldo, meskipun proses lumayan lama dan agak ribet, harus dongkol dulu. Dari situ, kepuasan saya berikan nilai 3 (skala 1 - 5). 

Jika boleh memberikan masukan atau saran :

  1. for Customer Services (CS) : system pelayanan CS Telkomsel kurang memakai rasa kekeluargaan karena selalu berganti akun.

    Saran saya, untuk pelayanan keluhan sebaiknya lebih menggunakan Customer Relationship Management (CRM) agar ada keterikatan emosi antara customer dan pelayanan keluhan.

    Cukup satu CS (misal si Fulan) yang selalu follow up terhadap satu pelanggan (misal saya).

    Ya saya paham resiko jika memakai sistem follow up mungkin dari pihak teman" CS akan dongkol juga ketika berkomunikasi dengan customer yang rese, but disitulah menariknya, seorang CS dituntut buat mengerti pelanggan bukan? Dengan saling mengerti antara CS dan pelanggan inshaAlloh akan terjadi keterikatan emosi antara pelanggan dan Telkomsel sebagai penyedia layanan.

    Dengan selalu bergantinya CS dalam menangani keluhan, saya kek ngomong sama system robot, bukan ngomong sama orang.

    Oia satu lagi, untuk masalah data yang di minta kepada Customer, sebaiknya minta langsung data yang lengkap. Jangan satu"...cz skr udah memakai NIK & KK jadi no problem jika menanyakan Nama Ibu Kandung seperti prosedur perbankan seperti itu. Intinya sekali tanya beres gitu lho.. ☺

    Semoga kedepan Pelayanan Keluhan Telkomsel lebih baik lagi.
  2. for Product : Semisal TCASH atau My Telkomsel menurut saya itu sangat bagus, terintegrasi, banyak kemudahan dan reward bagi pelanggan setia Telkomsel.

    Namun yang namanya system aplikasi sepemahaman saya selalu ada kekurangan, saya memaklumi hal tsb karena aplikasi juga buatan manusia, dan saya memberikan apresiasi kepada programer aplikasi Telkomsel karena dari semua aplikasi mobile provider, yang paling stabil dan jarang error adalah milik Telkomsel.

    Sangat bagus selalu ada notifikasi transaksi via SMS, lebih baik lagi jika ada notifikasi keberhasilan semisal berhasil refund seperti keluhan saya kemarin langsung ada notifikasi juga via SMS atau via apps. (saya baru tau di refund setelah buka email karena buka apps hanya sebulan sekali buat bayar listrik/pulsa).
  3. for Network : Saya rasa network Telkomsel adalah yang terbaik saat ini, mohon cakupan wilayah lebih dikembangkan lagi.

    Karena bagi saya yg seorang volunteer yang harus masuk ke daerah terpencil sangat membutuhkan koneksi data.

    Dengan jangkauan data yg semakin luas dari Telkomsel semoga bisa menjadikan lebih semangat lagi teman" volunteer yang terjun ke wilayah terpencil dan membantu sodara kita.
Terima kasih atas pelayanan keluhan yang di berikan teman" CS, saya sangat menghargai, hanya saja semoga ga terlalu ribet lagi. Mari kita gunakan hati yang positif untuk mengatasi setiap keluhan. Memang sebagai CS kita seperti dan sering direndahkan customer (saya bisa merasakan itu karena dulu pernah mengalami juga), tapi percaya saja guys kalian para CS sebenernya berlatih tentang kesabaran. Ayo selalu berusaha gunakan وَبَدَنٌ عَلَى الْبَلَاءِ صابرٌjika kalian muslim.

Akhir kata semoga kita diberikan Keberkahan dalam Hidup.

Regards,

Dwi Qomarudin
Freelance
Volunteer Pengembangan Teknologi Desa
satupintu.in (bantuin promo website temen)

di kirim dari :
Balai Desa Pandes 
Jalan Ki Narto Sabdo No.1
Desa Pandes Kec. Wedi
Kab.Klaten, Jawa Tengah
Indonesia 57461

Instagram